Kamis, 25 Juni 2009

Bumbu Desa


Wilujeng Sumping" adalah sapaan hangat yang pertama kali akan Anda terima dari penerima tamu yang ramah, ketika memasuki Bumbu Desa. Ini adalah sapaan dalam bahasa Sunda yang berarti "Selamat Datang!" dan biasa digunakan sebagai sapaan akrab dan penuh kehangatan di antara penduduk desa bumi Parahyangan. Begitu memasuki restoran Bumbu Desa, Anda akan langsung merasakan nuansa pedesaan yang dikemas secara modern. Para pelayan atau pramusaji menggunakan pakaian khas warga desa seraya menunjukkan keramahtamahan kepada setiap pengunjung.

Wilujeng Sumping
Setelah itu, Anda akan diberikan nomor meja oleh penerima tamu. Dengan menggunakan nomor inilah Anda akan mulai memesan makanan di meja prasmanan atau meja display. Pada meja antrian, Anda bisa memilih berbagai menu khas makanan Sunda. Pada saat pertama memesan makanan, Anda akan ditawarkan tiga pilihan nasi, yaitu nasi putih, nasi liwet atau nasi merah. Setelah itu, Anda bisa memilih berbagai jenis lauk khas Sunda yang tersedia. Setiap makanan dilengkapi tulisan yang membuat Anda tidak bingung menentukan pilihan. Setelah memesan, Anda dapat langsung mengambil lalapan yang disertai beberapa jenis sambal ulek yang khas dan nikmat. Kemudian Anda tinggal menuju ke meja dengan nomor yang telah diberitahukan kepada Anda sembari menunggu makanan yang tadi Anda pesan diolah di dapur Bumbu Desa.
Sambil Anda menunggu masakan Anda siap, Anda bisa memesan minuman kepada para pelayan yang ramah. Anda pun akan menikmati waktu menunggu masakan Anda diolah sambil menikmati sajian khas alunan musik Sunda. Selain itu suasana interior Bumbu Desa juga dirancang seperti suasana pedesaan. Setiap outlet Bumbu Desa memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda dan dirancang agar pengunjung merasakan suasana pedesaan
Makanan Khas Sunda
Menu yang cukup terkenal di sini adalah Gurame Cobek. Beberapa menu lainnya yang bisa Anda pesan dari resto Bumbu Desa adalah berbagai jenis ayam goreng seperti Ayam Goreng Laos, Ayam Goreng Bumbu Kecap, Usus Ayam Goreng dan Ati Ampela.
Berbagai jenis ikan dan udang juga tersedia di sini. Misalnya Anda dapat menikmati ikan air tawar yang khas di dataran tinggi Parahyangan seperti Ikan Gurame Goreng, Kere Ikan Mas maupun Ikan Mas Goreng. Selain itu Anda juga dapat memilih sajian khas dari Garut seperti Udang Rarong dan Ikan Paray yang merupakan ikan kecil yang sangat jarang dan dikembangbiakkan di daerah Garut maupun Jawa Barat. Anda pun dapat menikmati sajian seafood yang gurih seperti Udang Goreng Tusuk, Udang Peci, dan Cumi Goreng.
Makanan khas Sunda seperti Karedok dan Pencok Leunca dapat Anda nikmati di sini. Bagi Anda penggemar petai pun dapat menikmati sajian Petai Goreng ataupun Petai Bakar. Selain itu berbagai menu tumis seperti Tumis Kangkung, Tumis Genjer, Tumis Jamur, Tumis Leunca dan Tumis Cumi juga tersedia bagi Anda untuk menambah kelengkapan lauk makan Anda. Berbagai jenis pepes khas Sunda pun tersedia seperti Pepes Ikan Mas, Pepes Ikan Bawal, Pepes Ayam, Pepes Jamur, Pepes Nasi Bakar, Pepes Tahu, Pepes Teri dan Pepes Peda yang dibuat dari salah satu jenis ikan, yaitu ikan Peda. Untuk menu sayur, Anda dapat menikmati sajian khas Sayur Asem khas Sunda yang nikmat atau Sayur Lodeh.
Cukup lengkap menu makanan yang ditawarkan di Bumbu Desa. Di beberapa outlet ditawarkan menu khusus seperti Tutut yaitu siput sawah. Anda juga dapat memesan berbagai minuman yang nikmat seperti Es Cendol, Es Kelapa maupun jenis minuman khas buah-buahan lainnya.
Harga Makanan
Mengenai harga, Anda tidak perlu takut. Meski tampilan eksterior dan interiornya tergolong bagus, namun harganya terjangkau. Dengan kisaran harga antara Rp. 3.000 hingga Rp. 30.000 per menu, Anda dapat menikmati sajian khas Sunda yang nikmat. Misalnya untuk nasi merah, usus ayam goreng, udang goreng tusuk, petai, tempe bacem dan sayur asem, Anda cukup merogoh sekitar Rp. 45.000,-.
Hatur Nuhun
Setelah kenyang menikmati sajian khas makanan Sunda di Bumbu Desa, Anda kembali disapa dengan ungkapan khas Sunda "Hatur Nuhun" ketika menuju pintu keluar. Artinya "Terima kasih" karena telah mengunjungi Bumbu Desa.

Bumbu Desa
Terdapat di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makasar dan Cirebon.
Bandung, Jawa Barat
• Jl. Laswi No. 1 - kedai pertama Bumbu Desa
• Jl. Pasir Kaliki No. 160
• Rumah Mode, Jl. Setiabudi No. 41

Jakarta
• Jl. Suryo No. 38, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
• Jl. Cikini Raya No. 72, Jakarta Pusat
• Jl. Boulevard Artha Gading Blok A2, Jakarta Utara
• Jl. Pluit Putra Raya No. 16, Jakarta Utara
• Jl. Raya Panjang kav 10, Jakarta Barat

BSD Serpong, Banten
• Jl. Raya Serpong BSD Sektor 4

Bogor, Jawa Barat
• Jl. Pajajaran No. 18

Surabaya, Jawa Timur
• Jl. R.A. Kartini No. 59

Sidoarjo, Jawa Timur
• Jl. A. Yani No. 41 D

Cirebon, Jawa Barat
• Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 207

Makasar, Sulawesi
• Mall Panakukang Ged. C, GF C-1 12-16

Denpasar, Bali
• Jl. Raya Puputan No. 42, Renon

Bumbu Desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar