Minggu, 21 Juni 2009

Iwak Pe Surabaya






Iwak Pe, Enak Rasane......
Diterbitkan pada 1 June 2009 - 08:32 - Antonio Carlos

Yang namanya Iwak Pe atau Ikan Pe rasanya Sufoters semua udah familiar dengan makanan yang satu ini. Terutama mereka yang penggemar penyetan pasti sudah biasa menjadikan Iwak Pe sebagai salah satu menu pilihan.


Iwak Pe atau Ikan Pe adalah sebutan untuk ikan yang diproses dengan cara diasap atau smoking proces dimana ikan dimatangkan dengan dibakar diatas api dengan jarak yang cukup jauh sehingga ikan matang bukan karena panas api tapi lebih karena panasnya asap perapian.


Biasanya ikan yang digunakan sebagai bahan Iwak Pe adalah ikan pari tapi saat ini hampir semua ikan dapat dibuat jadi Ikan Pe. Potongan-potongan ikan ditusuk dengan batangan bambu untuk memudahkan proses pengasapan. Dan dipanggang diatas bara batok kelapa. Batok kelapa digunakan karena menurut penuturan para pembuat ikan pe, batok kelapa ketika dibakar akan mengeluarkan minyak yang akan memberikan aroma smoky yang khas dan nikmat.


Jika para SuFoters ingin mendapatkan Iwak Pe dan juga ingin melihat cara pembuatannya, SuFoters dapat mengunjungi daerah Pantai Kenjeran tepatnya di sekitar Pantai Ria Kenjeran Lama. Anda dapat menemukan deretan para pembuat dan penjual Iwak Pe. Silahkan dipilih ikan yang anda inginkan. Biasanya Iwak Pe selain digoreng biasa, sering juga dimasak dengan santan berkuah atau dikenal di Surabaya dengan nama kotokan atau masak mangut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar